Keuntungan menggunakan anyaman untuk fasad rumah

Dec 2nd 2022

Article by BYO Living

Membangun rumah idaman tentu memiliki banyak pertimbangan, tidak hanya desain interior yang diinginkan, penggunaan desain eksterior hingga pemilihan material menjadi salah satu pertimbangan yang penting dalam membangun rumah. 

 

Fasad rumah menjadi salah satu hal penting dalam menentukan desain eksterior, karena fasad merupakan hal yang pertama kali dilihat oleh orang akan bangunan rumah kita. Pembangunan fasad juga memerlukan peran penting untuk bisa direalisasikan dengan sempurna, mulai dari desain, model hingga material yang digunakan, semua harus sesuai.

 

Buat kamu yang belum tau tentang istilah fasad, fasad merupakan sebuah ‘muka’ dari suatu bangunan, atau bagian terluar dari sebuah bangunan. Biasanya fasad yang dimaksud adalah bagian depan, tetapi fasad juga bisa dikatakan sebagai bagian samping dan belakang bangunan. Oleh karena itu, memilih desain fasad merupakan suatu keputusan penting karena kesan pertama rumah dilihat dari fasadnya. 

 

Tidak hanya berfungsi sebagai pembentuk suasana bagi sisi bangunan lainnya, fasad juga memiliki beberapa fungsi pada rumah. Salah satunya memperlihatkan gaya sebuah rumah. Biasanya fasad dapat menunjukan identitas gaya arsitek. Karena fasad merupakan elemen estetik dari sebuah rumah, maka sering sekali fasad digambarkan sebagai identitas karya arsitektur yang dijadikan sebagai fokus utama dalam sebuah rumah untuk mempresentasikan karakter dan ciri khas gaya baguanan tersebut. 

 

Fasad juga mempunyai nilai komersial pada sebuah rumah, ketika kamu akan menjual rumah, makan calon pembeli akan melihat fasad terlebih dahulu. Jika desain fasad cocok, maka itu adalah pembuka yang baik untuk calon pembeli, tidak heran hotel, gedung perkantoran dan fasilitas publik lainnya beranggapan bahwa fasad dapat membawa pengaruh signifikan pada bangunan.

 

Selain desain, pembangunan fasad juga tidak lepas dari material konstruksi. Biasanya fasad menggunakan bahan dasar seperti kayu, batu alam atau bata. Pernahkah kamu mendengar untuk menggunakan anyaman bambu atau rotan sebagai material pembuatan fasad rumahmu?

 

Kelebihan penggunaan anyaman sebagai material dasar fasad

 

Lebih kuat dan tahan lama

Material bambu atau rotan terbukti lebih kokoh dan lebih kuat untuk menjadi salah satu material dasar dalam pembangunan. Rotan dan bambu juga memiliki daya lentur yang lebih kuat. Selain kokoh, material bambu dan rotan juga tahan lama dan bisa bertahan hingga puluhan tahun. Oleh karena itu, pembuatan fasad dengan anyaman dapat menjadi solusi, karena daya tahannya tidak kalah dengan baja. 

 

Ringan dan tahan gempa

Selain kuat, penggunaan anyaman memiliki beban yang ringan. Oleh karena itu material bambu merupakan salah satu material yang tahan gempa dan memenuhi prinsip rumah tahan gempa ala jepang.

 

Beragam variasi dan model 

Salah satu kelebihan menggunakan anyaman adalah, kamu bisa memilih beragam variasi dan model. Model anyaman juga bisa custom sesuai kegunaan dan fungsi dari fasad itu sendiri. Karena anyaman menggunakan material bambu atau rotan, kamu juga bisa request bentuk yang beragam. Sehingga kamu bisa explore pembangunan fasad agar unik dan beda dari yang lain.

 

Pembangunan anyaman sebagai fasad juga bisa berfungsi sebagai secondary skin bangunan. Secondary skin pada bangunan berfungsi sebagai sunscreen, mirip dengan louvers namun dengan pola yang lebih menarik. Sehingga fasad anyaman ini dapat menjadi pelindung bangunan untuk menahan sinar matahari dari luar. 



Jika kamu menyukai desain rumah kontemporer, mungkin penggunaan fasad anyaman bisa menjadi salah satu solusi untuk bisa menjadi desain fasad rumah kamu.