Jenis-jenis rotan untuk arsitektur dan kerajinan

2022

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan penghasil rotan terbesar di dunia. Sekitar 85% rotan mentah di dunia berasal dari Indonesia. Oleh karena itu, rotan Indonesia disebut sebagai salah satu HHBK (Hasil Hutan Bukan Kayu) yang berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. 

 

Berbagai jenis rotan tersebar di Indonesia, menurut perkiraan terdapat 350 jenis yang tersebar di seluruh hutan Indonesia. Dari 13 marga rotan yang ada di Indonesia, 9 diantaranya tumbuh di Indonesia. Hal tersebut didukung oleh wilayah indonesia yang berada di khatulistiwa, dan rotan tumbuh di wilayah hutan tropis. 

 

Rotan dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Batang yang masih berwarna hijau dapat diolah menjadi sayuran oleh beberapa masyarakat di daerah Indonesia. 

Rotan juga dapat menjadi bahan dasar obat-obatan herbal tradisional yang diperoleh dari batang muda, buah dan akarnya. Cadangan air dalam batang rotan juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber air minum jika berada pada keadaan mendesak untuk keperluan bertahan hidup. 

 

Selain dapat dimanfaatkan sebagai kebutuhan pangan dan obat-obatan, rotan juga dapat dimanfaatkan sebagai kebutuhan papan. Mayoritas rotan di Indonesia digunakan untuk pembuatan kerajinan, furniture hingga kebutuhan arsitektur bangunan, mulai dari desain interior hingga eksterior. Seperti untuk pembuatan kursi, meja, lemari hingga kebutuhan fasad, jendela, pintu dan lain sebagainya. 

 

Material rotan banyak dipilih oleh para desainer karena memiliki sifat bahan yang elastis dengan bobot yang ringan. Walau ringan, material rotan terbukti sangat kuat dan awet sehingga tidak mudah rusak jika digunakan untuk kebutuhan furniture atau material bangunan. 

 

Yuk, kita bahas berbagai jenis rotan yang dapat digunakan untuk produksi furniture. 

 

1. Rotan Cakre 

Rotan Cakre atau yang memiliki nama lain Ceratolobus Subangulatus Beccari, merupakan rotan yang persebarannya di daerah Sumatera. Rotan Cakre umumnya berdiameter batang 5-7mm dan panjang ruang 14-26cm. Rotan ini biasa digunakan sebagai bahan baku tikar atau keranjang. 

 

2. Rotan Boga

Rotan Boga atau Calamus Koodeniensianus Becc, merupakan rotan yang penyebarannya terdapat di Sulawesi. Rotan ini memiliki radius lengkung yang sangat baik, serta kualitas mulu I (sangat baik). Biasanya rotan ini digunakan sebagai bahan baku mebel

 

3. Rotan Calamus Sp 

Rotan calamus Sp atau biasa disebut Daemonorops Longipes merupakan rotan yang penyebarannya di daerah Sumatera. Rotan ini juga memiliki radius lengkung yang sangat baik hingga 7-9cm. Rata-rata diameter batangnya 6-12mm. Rotan ini biasa digunakan untuk pembuatan produk kerajinan atau anyaman.

 

4. Rotan Manau

Rotan Manau atau yang memiliki nama lain Calamus Manan Miquel, penyebarannya di daerah Kalimantan dan Sumatera. Rotan Manau merupakan rotan yang paling sering digunakan untuk kebutuhan mebel dan furniture. 

 

Berikut adalah beberapa jenis rotan yang paling sering digunakan untuk kebutuhan furniture atau kebutuhan bangunan. Rotan mana yang paling sering sering kamu gunakan?





Galleries