Gerakan 1000 Jalinan Peduli oleh BYO Living Kembali Berlangsung, Dukung 3 Coffeeshop di Jakarta

Oct 1st 2020

1000 Jalinan Peduli

BYO Living kembali menggerakkan 1000 Jalinan Peduli di Jakarta akhir Juli 2020 lalu. Pada kesempatan ini, BYO Living dan Archify bekerja sama sekaligus memberi dukungan kepada tiga coffeeshop di Jakarta, yaitu LIMA Chocolate and Coffee, Guten Morgen Coffee Lab & Shop, dan 1/15 Coffee.

Sebagaimana diketahui, bisnis F&B adalah salah satu sektor yang terdampak cukup signifikan oleh Covid-19 yang masih berlangsung sampai saat ini. Tidak jarang, beberapa usaha mau tidak mau melepas karyawan, bahkan menutup bisnis tersebut secara permanen. Bila demikian, dampak tentu bukan hanya dirasakan oleh pemilik bisnis, namun juga kepada staff dan tim yang diberhentikan. Bagi LIMA, Guten Morgen, dan 1/15, melepas karyawan tidak menjadi pilihan saat dihadapkan masalah seperti ini. Maka, yang mereka lakukan adalah mencari solusi untuk tetap bertahan sekaligus memastikan kesehatan dan keselamatan staff.

“Awalnya tidak menyangka kalau impact-nya akan sebesar ini ke dunia F&B. Kami berpikir hanya akan tutup sebentar di akhir Februari. Nyatanya kami tutup hampir empat bulanan,” ungkap Suyenni sebagai pemilik dan desainer LIMA. “Meskipun tidak ada omzet dan operational cost terus berjalan, kami berusaha untuk tidak memangkas karyawan dan tetap digaji dengan apa yang kami sanggupi.”

Di tengah pandemi ini, seperti pemilik coffeeshop lain yang mendukung 1000 Jalinan Peduli, Van Kenny Tamara dari Guten Morgen menegaskan bahwa prioritas mereka adalah untuk mempertahankan staff. “Kebanyakan dari mereka memiliki keluarga yang harus diberi nafkah.” Di sinilah Kenny sebagai pemilik juga terus mencari cara agar bisnis tetap berjalan, salah satunya dengan mulai menjual kopi literan. 


“Kalau sebelum Covid-19 yang kami kejar adalah cara untuk ekspansi, saat ini yang paling penting adalah memastikan kami survive agar staff kami tetap berpenghasilan. Tentunya dengan tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan,” jelas Aldwin Hendradi selaku salah satu pemilik 1/15 Coffee.

Seperti yang dilakukan pada Mei 2020 lalu, dukungan kepada coffeeshop lewat 1000 Jalinan Peduli adalah berupa pembelian sejumlah kopi literan yang kemudian dibagikan ke biro-biro arsitektur dan desain interior di sekitar lokasi coffeeshop. Langkah ini juga menjadi upaya BYO Living untuk tetap menjalin silaturahmi dengan para profesional di bidang arsitektur dan interior di tengah dorongan untuk tetap menjalankan physical distancing.

“Gerakan ini mengingatkan kita untuk tidak hanya peduli pada diri sendiri, namun juga kepada orang lain. Kegiatan seperti ini yang bisa menguatkan komunitas dan sangat berarti di kondisi saat ini.”
—Suyenni

“Saya sangat mendukung karena kegiatan ini ujungnya adalah tentang membantu sesama. Ini sejalan dengan visi dan misi kami—to be a blessing to others. Sesederhana memberi kopi, setidaknya kita bisa memberi semangat dan mencerahkan hari mereka.”
—Van Kenny Tamara

“Apa pun yang kita lakukan saat ini untuk membantu orang lain, menyatukan kita, dan membuat orang lain merasa diperhatikan, adalah langkah yang baik. Ini bisa menjadi dorongan untuk terus menemukan kesempatan-kesempatan serupa yang lebih impactful.”
—Aldwin Hendradi